Nanas Ringeng

Nanas atau nenas, dalam bahasa latin disebut Ananas comosus, merupakan tanaman tropis yang berasal dari Amerika Selatan (Brazil, Bolivia, Paraguay), tumbuh dengan baik di wilayah Desa Gadung, terutama di kawasan Ringeng.

Berapa puluh tahun lalu, berkebun nanas merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Desa Gadung, selain berkebun Sahang, Karet, atau menjadi karyawan PT. Timah. Tapi karena hanya dijual di pasar (lokal) Toboali, dan tidak ada industri pengolahan buah nanas menjadi komoditas lain, seperti jus nanas, selai nanas, atau nanas kaleng, maka secara perlahan, kebun nanas di ringeng menghilang, dan berganti menjadi kebun sahang, kebun sawit, dan penambangan timah (rakyat), dan kebun nanas hanya menjadi dongeng yang tak terceritakan.

Tapi setahun terakhir, mulai ada lagi anggota masyarakat yang kembali menanam nanas di Ringeng. Semoga kejayaannya bisa kembali, dan diikuti dengan kehadiran industri olahan nanas, sehingga nanas bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat dan sumber pendapatan asli desa, karena lada “ternyata” hampir gagal menjadi sumber pendapatan asli desa. (Photo: Iswandi/Teks: Sobirin)

1 Comment

Tinggalkan Balasan