MUSYAWARAH DESA TENTANG PERATURAN DESA

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD),Husriyanto memimpin musdes tentang Peraturan Desa tentang Revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMdesa) Gadung periode 2016-2021,RKPDesa Tahun anggaran 2019 dan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2018 yang dihadiri langsung Kades Gadung,A.Basahir beserta seluruh perangkat desanya, BPD ,Babinkantimbas,Pendamping lokal desa serta seluruh stekholder lembaga kemasyarakatan desa, seperti LPM, Karang Taruna, KPM, PKK, Linmas,Gapoktan dan poktan  serta Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat Desa Gadung bertempat di Gedung Pertemuan Terpadu , Rabu (04/07/2018).

Musyawarah Desa, selanjutnya disebut Musdes, merupakan forum permusyawaratan tertinggi di tingkat desa dengan Musdes sebagai forum yang mempertemukan seluruh elemen masyarakat, baik berbasis kepentingan maupun kewilayahan, untuk membahas dan mengambil keputusan atas hal/isu strategis yang terjadi di desa.Musdes diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat. Hasil Musdes berbentuk kesepakatan-kesepakatan yang dituangkan dalam keputusan hasil musyawarah. Selanjutnya, hasil Musdes menjadi dasar bagi BPD dan Pemerintah Desa untuk menetapkan kebijakan pemerintahan desa yang nantinya dituangkan dalam bentuk Peraturan Desa.

Pada kesempatan tersebut A.Basahir selaku kades menjelaskan dengan panjang lebar tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018 di karena terjadi perubahan aturan dan komposisi belanja pada pelaksanaan  kegiatan di desa,serta bertambahnya pendapatan yang bersumber dari pihak ketiga. Perubahan ini dilaksanakan dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan desa. Peserta Rapat tidak banyak menanggapi perubahan ini ,karena hanya terjadi pergeseran sumber dana saja, dan tidak ada perubahan kegiatan sesuai dengan RKP Desa 2018. Musyawarah Penyusunan RKPdesa 2019 dipimpin langsung A.Basahir berlangsung ramai dengan instrupsi dan usulan  peserta musdes. Sementara itu Revisi Rencana Program Pembangunan Desa (RPJMDes) sampai tulisan ini diterbitkan masih dalam pelaksanaan musdes.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan