SOSIALISASI PROGRAM PEMBANGUNAN IRIGASI DI PERSAWAHAN DESA GADUNG

Sosialisasi awal program pembangunan jaringan irigasi di persawahan sungai kepoh, terutama program pembangunan jaringan irigasi di persawahan Desa Gadung di laksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bangka Selatan, bidang Sumber Daya Air pembangunan jaringan irigasi  bertempat di Gedung Pertemuan terpadu Kantor Kepala Desa Gadung, Selasa (22/01/2019).

Acara di buka dengan sambutan dari Kepala Desa Gadung, A. Basahir yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pekerjaan Umum terutama pada Kepala Bidang Sumber Daya Air  yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, mudah-mudahan acara ini dapat menemukan solusi yang baik dalam pelaksanakan pembangunan irigasi kedepan sehingga pembangunan yang dilaksanakan tidak sia-sia.

Sementara itu Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Perkerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Perhubungan, RISVANDIKA, SP menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan awal dari rencana program pembangunan irigasi di persawahan Desa Gadung yang mengunakan Dana DAK. Kami mengharapkan masukan dan kritikan yang baik yang sesuai dengan etika sehingga program dan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Kami akan terus berjuang untuk pembangunan yang berkelanjutan dan kami mengharapakan dukungan yang baik dari seluruh masyarakat Desa Gadung sehingga pembangunan dapat terlaksana.

Sesepuh Masyarakat Desa Bapak M. Zalah Mustapa menyampaikan sesuai dengan pengalaman beliau harus di buat tanggul dan aliran pembuangan primer di bagian hilir dengan ukuran yang sesuai begitu juga dengan Sobri Dan Norman selaku masyarakat di daerah itu. Sementara itu Hazani menyampaikan pembagian petak harus sesuai dengan  aturan sehingga tidak berubah ubah daj dapat membanguan saluran irigasi sekunder nanti.

Husriyanto selaku petani dan  Ketua BPD menyampaikan merasa sedih, kecewa yang telah 2 tahun ini menanam dan gagal, mengharapkan untuk ke depannya sebelum ada kegiatan dari dinas perkerjaan umum dan pertanian mengerjakan program dan kegiatan yang di rencanakan,kami petani belum akan menanam.

Sobirin selaku masyarakat peduli pembangunan  menyampaikan  kegiatan ini mencari solusi bagiamana membuang air dari sawah ke sungai, sehingga bukanlah merupakan irigasi, sedangkan irigasi adalah  bagiamana  mengalirkan air dari sumber air ke sawah. Jadi kami mengusulkan untuk dibangun kolam penampungan dan saluran pembuangan yang lebih baik.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan