PEMBENTUKAN PANITIA PEMILIHAN ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA

Rapat Pembentukan Panitia Pelaksana Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gadung periode 2019-2025 dilaksanakan di Gedung Pertemuan Terpadu Kantor Kepala Desa Gadung, Rabu, (27/02/2019). Rapat dipimpin langsung oleh Kades Gadung A.Basahir. Turut Hadir dalam kegiatan Perangkat Desa,Anggota Badan Permusyawaratan Desa dan Undangan lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan mengingat akan  habis masa jabatan BPD periode 2013-2019, maka perlu dibentuk panitia untuk pemilihan anggota BPD peride 2019-2025. Sumber dana yang digunakan merupakan bantuan Kabupaten untuk Pemilihan Anggota BPD.

Tugas panitia pemilihan calon anggota BPD meliputi : Menyusun Tata Tertib Pemilihan; Melakukan penjaringan dan penyaringan bakal calon anggota BPD; Menetapkan calon-calon anggota BPD dari wakil masing-masing wilayah dan calon anggota BPD wakil perempuan yang dinyatakan memenuhi syarat untuk
dipilih menjadi Anggota BPD; Menangani perselisihan; Melaporkan hasil pemilihan kepada Kepala Desa.

Sementara itu untuk menjadi  Calon Anggota BPD harus memenuhi persyaratan sebagai berikuty ; bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika; berusia paling rendah 20 (dua puluh) tahun atau sudah/pernah menikah; berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah pertama atau sederajat; bukan sebagai perangkat Pemerintah Desa; Tidak merangkap sebagai pengurus atau anggota Lembaga Kemasyaraktan Desa
(merujuk pasal 26 huruf (f) Permendagri 110 /2016); Tidak tercatat sebagai pengurus partai politik (merujuk Pasal 26 huruf (h) Permendagri 110/2016; bersedia dicalonkan menjadi anggota BPD; wakil penduduk Desa yang dipilih secara demokratis; dan bertempat tinggal di wilayah pemilihan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan