STUNTING Jadi Prioritas

Masalah Stunting, gizi, DBD,Jumantik dan Peningkatan Kader Posyandu jadi bahasan utama dalam acara Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Terpadu Kantor Kepala Desa, Senin (20/01/2020).

A.Basahir selaku Kepala Desa Gadung mengatakan kita berharap tahun 2021  semua Dusun telah memiliki gedung posyandu masing-masing, karena dari 8 Dusun yang ada baru 5 yang memiliki gedung. Adapun Stunting jadi prioritas utama tahun 2020 begitu juga dengan Jumantik,Gizi dan DBD sehingga tahun 2021 nanti Desa kita bebas dari DBD.

Dengan dana yang telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2020 ini, kita dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berharap kinerja kader Posyandu dan Jumantik dapat berjalan dengan maksimal sehingga dapat mencegah wabah DBD khususnya kata ketua BPD dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Toboali, dr.Jupiter Tarigan menyampaikan bukan hanya sarana dan prasarana yang dbutuhkan tapi edukasi/pengetahuan dan keterampilan masyarakat sendiri yang perlu kita tingkatkan sehingga mereka dengan sendirinya bisa memahami dan menyadari pola hidup sehat dan bersih dalam lingkup keluarga dengan mengadakan pelatihan,sosialisasi dan bimbingan. Survei  Mawas Diri yang kita lakukan membuktikan bahwa masih banyak masyarakat kita yang belum menerapkan pola hidup sehat dan bersih dalam keluarga. Kami dari Puskesmas mengucapkan dan memberi apresiasi kepada Kader Jumantik Desa Gadung ini telah menjadi contoh desa-desa yang lain. Saya berharap untuk kader  posyandu  pada posyandu bulan depan, kita berkometmen untuk membawa balita masing 30 orang/kader. Untuk Kepala Dusun dan Ketua RT kami mohon bantuannya untuk mendata dan memberi edukasi kepada masyarakat di lingkungan dan wilayah masing-masing.

Acara Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan agenda tahunan Puskesmas Toboali bekerjasama dengan desa-desa di Kecamatan Toboali dan tindaklajut dari Survei Mawas Diri (SMD) tahun sebelumnya. (Nuskito)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan