PEMBINAAN DESA SE-KECAMATAN TOBOALI,TUKAK SADAI,LEPAR DAN KEPULAUAN PONGOK DARI INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN BANGKA SELATAN

Tujuh fokus pembinaan dan pengawasan jadi bahasan dalam kegiatan pembinaan desa oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Bangka Selatan,Rabu ( 22/01/2020) bertempat di Gedung Pertemuan Terpadu Kantor Desa Gadung. Pokok bahasan itu di antaranya Inventarisasi Aset Desa secara keseluruhan, Daftar Aset Tahunan, Memaksimalkan Program Padat Karya Tunai, Penerimaan ( PAD) dicatat dan dianggarkan dalam APBDesa, Pertanggungjawaban Belanja ( SPJ), Kewajiban Perpajakan, Memanfaatkan Klinik Konsultasi Inspektorat Daerah.

Inspektur Daerah, P.D. Marpaung, S.Pi., M.Si., CFrA dengan penuh semangat menyampaikan ketujuh fokus bahasan yang di ikuti dengan serius dan penuh perhatian Kepala Desa,Sekretaris Desa dan Bendahara desa yang mewakili desanya masing-masing.

 

 

 

 

Selanjutnya Okta Rizal Surya,ST selaku Auditor menyampaikan materi tentang Kedudukan, Tugas dan fungsi Sekretaris Desa dan Bendahara desa dalam Pengelolaan Barang dan Jasa sesuai dengan Perka LKPP No. 12 Tahun 2019 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Pengadaan Barang dan Jasa di Desa. Sedangkan H.Ari Dinata, S.AP menyampaikan peran Kecamatan selaku tugas evaluasi dan verifikasi RAPBDesa  dan  peran Kecamatan selaku fasilisator desa sesuai dengan UU nomor 6 Tahun 2014.

A.Basahir selaku ketua APDESI sekaligus Kades Gadung mengucapkan terima kasih kepada inspektorat yang telah menyelenggarakan acara pembinaan desa,sehingga kita selaku pemerintah desa di tiga kecamatan ini dapat pengetahuan tentang fokus pembinaan dan pengawasan,serta kita selaku kades ini bisa berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Camat Lepar, Dadang Zairina,S.STP dalam sambutannya mewakili ketiga camat menyampaikan isu strategis tentang peran kecamatan selaku evaluator dan fasilitator sesuai dengan Perbup 46 Tahun 2018 tentang Pendelegasian Kewenangan Bupati dalam Evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Perubahan kepada Camat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan