DEMI MEMOTIVASI WARGANYA KADES GADUNG HADIRI DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DAN SADANIS

Kegiatan Deteksi Dini Kanker leher rahim (Serviks) dan Sadanis    yang dipusatkan di Pustu Bidan Mira Dahlia beralamat di Simpang Kepoh Jl. Jend Sudirman berlangsung dari pagi hingga siang Rabu (04/03/2020).

Kades Gadung,A.Basahir turut hadir dalam kegiatan tersebut. menurut beliau kehadirannya demi memotivasi dan himbauan pada warga masyarakat agar jangan takut melakukan test seperti ini, biar lebih dini kita tahu bahwa di tubuh kita tidak ada penyakit yang membahayakan kita dan mencegah lebih baik daripada mengobati.

Kegiatan Pemeriksaan IVA TEST yang dilakukan oleh Bidan-Bidan Puskesmas Toboali merupakan program kegiatan Puskesmas untuk mengantisipasi penyakit yang mematikan di masyarakat yaitu Kanker. Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Umumnya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar.

Serviks adalah bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Salah satu fungsi serviks adalah memproduksi lendir atau mukus. Lendir membantu menyalurkan sperma dari vagina ke rahim saat berhubungan seksual. Selain itu, serviks juga akan menutup saat kehamilan untuk menjaga janin tetap di rahim, dan akan melebar atau membuka saat proses persalinan berlangsung. Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara. Maka untuk mencegah terjadinya kanker payudara juga dilakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan SADANIS (periksa payudara klinis) merupakan pemeriksaan payudara yang dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih. Kegiatan ini dilakukan oleh Bidan-Bidang Puskesmas Toboali seperti Mira Dahlia,Yusmaida,Herlina,Fenti dan Desi.

Sebanyak 30 orang yang di motori Ketua TIM Pengerak PKK ibu kades dan Kader Posyandu hadir dan melakukan pemeriksaan.dan masih menurut A.Basahir terdapat satu orang yang terindikasi dan mengarah ke kanker payudara karena terdapat benjolan pada payudaranya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*