TAMBAK UEP KARANG TARUNA DESA GADUNG

Karang Taruna Desa Gadung tidak hanya bergerak dalam bidang kepemudaan secara umum, tapi juga terlibat dalam pemberdayaan sektor ekonomi dan perikanan. Bentuk pemberdayaan tersebut adalah sebuah kegiatan pembesaran ikan air tawar.

Tambak pembesaran ikan air tawar Karang Taruna Desa Gadung, terletak di sebuah arung di Dusun Aik Gadung, Desa Gadung. Jalan masuknya melalui Jalan Puncak, RT O4.

Tambak tersebut dibangun pada tahun 2016, dan pada tahun 2019 mendapat bantuan dari Kementerian Sosial RI. Karena mendapat bantuan ini pula, maka tambak karang taruna lebih sering disebut tambak UEP, singkatan dari Usaha Ekonomi Produktif.

 

 

Menurut Miko Anggriawan, Ketua Karang Taruna Desa Gadung, terpilihnya Karang Taruna Desa Gadung untuk menerima bantuan dari Kementerian Sosial tersebut, setelah terpilih mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengikuti Pelatihan Kewirausahaan Masyarakat di Kota Bandung.

Pada saat ini, ikan air tawar yang dibesarkan di sini adalah ikan lele, ikan nila, dan lobster air tawar.

Menurut Marpandi, pengelola Tambak UEP, kendala yang mereka hadapi adalah mahalnya harga pakan, mengingat sebagian besar pakan masih pakan pabrikan, terutama untuk pembesaran lele. Kalau kendala pemasaran, sampai sekarang belum ada kesulitan karena panennya belum secara berkala dan setiap kali panen volumenya belum terlalu besar. Sehingga hasil panen masih bisa diserap oleh konsumen lokal Desa Gadung dan Kota Toboali.

Selain menjual panen ikan siap konsumsi, tambak UEP Karang Taruna Desa Gadung juga menjual benih ikan, khususnya ikan nila. Konsumen benih ikan ini banyak juga yang datang dari desa lain, bahkan dari luar Kabupaten Bangka Selatan.

“Pernah ada juga rombongan dari Toboali, yang datang untuk acara keluarga sambil bakar ikan dan makan-makan di sini,” kata Marpandi.

Jika tertarik untuk mengunjungi tambak UEP karang taruna Desa Gadung, atau ingin membeli ikan segar langsung dari kolam, silahkan hubungi ketua karang taruna desa Gadung di nomor 0821-8144-5806. (Naskah: Norman/Sobirin, Reporter/Narator: Norman, Juru Kamera: Sobirin/Norman, Video Editor: Sobirin)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan