Visi, Misi & Arah Kebijakan Pembangunan

Visi Desa Gadung 2016-2021 :

MEMBANGUN DESA MENJADI DESA YANG SEJAHTERA,  ADIL, MAKMUR, BERSIH DAN  UNGGUL SERTA BERDAYA SAING

Misi Desa Gadung 2016-2021 :

  1. Meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.
  2. Menggali potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat.
  3. Membudidayakan gotong royong.
  4. Meningkatkan SDM Desa baik perangkat maupun masyarakat melalui pendidikan dan keterampilan.
  5. Memprioritaskan Desa Gadung sebagai Desa yang unggul  dan berdaya saing, bebas jentik dan sampah.

Arah Kebijakan Pembangunan Desa Gadung 2015-2021 :

Arah kebijakan pengembangan pembangunan desa Gadung secara umum adalah meningkatkan kemandirian masyarakat dan desa, serta mewujudkan ketahanan sosial, ekonomi dan ekologi sesuai dengan amanat Undang-Undang No.6/2014 tentang Desa.

Dalam rangka percepatan pembangunan desa maka Arah kebijakan pembangunan desa Gadung adalah :

  1. Peningkatan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan desa dan Perwujudan Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Baik :
    • Peningkatan kapasitas pemerintah desa;
    • Peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lembaga-lembaga lainnya di tingkat desa;
    • Pengembangan data dan informasi desa yang digunakan sebagai acuan bersama perencanaan dan pembangunan desa;
    • kerjasama antar desa
  2. Peningkatan pelaksanaan pembangunan Desa antara lain:
    • Pembangunan, pemanfaatan dan pemeliharaan infrasruktur dan lingkungan Desa antara lain: jalan dan lingkungan pemukiman, jalan desa, infrastruktur desa lainnya.
    • Pembangunan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kesehatan antara lain: sarana air bersih skala desa, sanitasi, posyandu, dan sarana dan prasarana kesehatan lainnya sesuai kondisi Desa.
    • Pembangunan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan dan kebudayaan antara lain: taman bacaan masyarakat; pendidikan anak usia dini; kegiatan belajar masyarakat; pengembangan dan pembinaan sanggar seni; sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan lainnya sesuai kondisi Desa.
    • Pengembangan usaha ekonomi produktif serta pembangunan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana ekonomi antara lain: pembentukan dan pengembangan BUM Desa; penguatan permodalan BUM Desa; pembibitan tanaman pangan; lumbung Desa; pembukaan lahan pertanian; pembangunan tanah kas desa sarana dan prasarana ekonomi lainnya sesuai kondisi Desa.
    • Pelestarian lingkungan hidup antara lain: perlindungan sumber air bersih ; pembersihan daerah aliran sungai; dan kegiatan lainnya sesuai kondisi Desa.
  3. Peningkatan Pembinaan Kemasyarakatan antara lain: pembinaan lembaga kemasyarakatan; penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban; pembinaan kerukunan umat beragama; pengadaan sarana dan prasarana olah raga; pembinaan lembaga adat; pembinaan kesenian dan sosial budaya masyarakat; dan kegiatan lain sesuai kondisi Desa.
  4. Peningakatan Pemberdayaan Masyarakat antara lain: pelatihan usaha ekonomi, pertanian, perikanan dan perdagangan; pelatihan teknologi tepat guna; pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan bagi kepala Desa, perangkat Desa, dan Badan Pemusyawaratan Desa; peningkatan kapasitas masyarakat (kader pemberdayaan masyarakat Desa; kelompok usaha ekonomi produktif; kelompok perempuan, kelompok tani, kelompok pemuda; dan kelompok lain sesuai kondisi Desa).